Sejarah Web Browser Internet
Sejarah Web Browser Internet

Sejarah Web Browser Internet

Diposting pada

Sejarah Web Browser – Web browser menjadi salah satu teknologi internet yang telah mengubah mindset dan peradaban dunia. Hal itu bisa dilihat jumlah pengguna yang terus bertambah tiap tahunnya. Secara tidak langsung, dengan bertambahnya pengguna web browser. Maka pola manusia akan mengalami perubahan baik dalam kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya dan berbagai hal lain. Kondisi ini tidak terlepas dari sejarah web browser ketika awal mula diciptakan. Perkembangan web browser tidak terlepas dari persaingan antara para pengembang web browser. Persaingan tersebut memunculkan perbaikan-perbaikan pada web browser. Sehingga membuat web browser semakin baik dan mudah digunakan oleh penggunanya.

Sejarah Web Browser

Bagi anda yang sudah terbiasa dengan dunia internet, pasti sudah mengenal web browser. Karena ketika kita sedang bersentuhan dengan dunia internet. Pastinya kita akan menggunakan salah satu aplikasi web browser untuk mencari sebuah data. Memang untuk masa sekarang, ada banyak sekali macam-macam web browser. Hal tersebut tidak terlepas dari bagimana pentingnya web browser dalam membantu pengguna internet. Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika kita menggunakan web browser di internet.

Terlepas dari kebiasaan kita dalam menggunakan web browser pada komputer. Ada satu pertanyaan menarik yang kadang penulis pikirkan. Salah satu pertanyaan yang sering mengusik penulis, bagaimana sejarah web browser internet ketika awal mula muncul? Sehingga sekarang digunakan oleh semua pengguna internet. Dari pertanyaan yang mengusik tersebut. Saya akhirnya mencoba menulis sedikit Sejarah Web Browser. Perkembangan web browser dari tahun ke tahun terus berkembang secara pesat. Web browser bukan hanya dijadikan sebagai alat untuk menampilkan blok semata.

Tetapi juga telah beralih menjadi salah satu ladang bisnis bagi para pengiklan. Karena dengan adanya web browser, seorang pengusaha bisa menggunakan jasa periklanan yang murah lewat web browser. Kondisi ini telah mempengaruhi dan mengubah pola hidup masyarakat. Kedahsyatan web browser mempunyai andil besar dalam bukan hanya pada dunia teknologi internet. Tetapi juga andil terhadap perubahan budaya, ilmu pengetahuan, politik, ekonomi dan berbagai faktor lain. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas tentang sejarah web browser internet.

READ
Cara Mempercepat Kinerja Komputer Yang Lemot

Web Browser Mosaic

Sejarah web browser internet pertama yang memunculkan teks pada pencariannya ialah browser mosaic. Kemunculan mosaic ini bukan hanya mengubah cara pandang teknologi. Tetapi juga telah mengubah sejarah dunia. Sebagai bagian dari generasi milenial. Kita tentunya mandapatkan salah satu manfaat dari adanya web browser. Pada tahun 1994, Marc Andreessen dan beberapa pengembang Mosaic berkumpul untuk mengembangkan sebuah web browser. Bersama Jim Clark dan beberapa pengembang Netscape membuat keputusan untuk menjadikan web browser sebagai teknologi komersial. Ketika web browser dijadikan sesuatu yang komersial. Tentunya bisa dinikmati secara umum dari berbagai kalangan. Sejak saat itu, bisa dibilang menjadi era baru dalam teknologi web internet browsing. Setiap harinya selalu ada web-web baru bermunculan yang bisa di konsumsi publik.

Sejarah Web Browser Internet Explorer

Namun pada tahun-tahun berikutnya. Mosaic dan Netscape mulai ditinggal oleh para penggunanya. Sejarah web browser mulai berubah dengan munculnya berbagai pengembang browser. Pangsa pasar web browser mulai didominasi oleh microsoft. Kemunculan internet explorer telah menggeser browser mosaic. Bahkan microsoft tidak memberikan ruang sama sekali untuk browser mosaik. Hal tersebut bisa dilihat dari penguasaan web browser oleh microsoft hampir 96% di kuasai microsoft. Kemenangan microsoft ini tentunya tidak terlepas dari konsen microsoft dalam mengembangkan Internet Explore (IE). Pihak microsoft berani menggelontorkan proyek bernilai 100 juta dollar hanya untuk mengembangkan dan menyempurnakan Internet Explorer. Tentunya microsoft buukan hanya menjadikan internet explorer hanya sebagai web browser. Namun menjadikan IE sebagai media bisnis dalam mengenalkan berbagai produk microsoft.

Dominasi web browser besutan microsoft ini akhirnya mendapat berbagai kritikan. Karena menjadikan internet explorer sebagai ladang bisnis semata. Berbagai kritikan dandesakan yang muncul, akhirnya menimbulkan masalah bagi microsoft sendiri. Kepercayaan masyarakat terhadap microsoft mulai menurun. Hal tersebut memudian dianggap sebagai bentuk pelanggaran anti-trust. Karena microsoft dianggap telah mengontrol pasar secara berlebihan.

READ
9 Keunggulan Windows 10 di Laptop dan PC

Sejak kejadian tersebut, microsoft mulai melakukan berbagai inovasi untuk mendapatkan kepercayaan pasar kembali. Microsoft mulai meningkatkan kembali pengembangan pada tahun 2002 dan 2003. Pada tahun 2003 diumumkan bahwa tidak akan ada lagi versi Internet Explorer yang berdiri sendiri. Ketika microsoft mulai meninggalkan penguasa pasar untuk meningkatkan kepercayaan publik. Ternyata Netscape mendapatkan effek yang buruk dalam pasar web browser. Netscape mulai ditinggalkan oleh para penggunanya. Kejadian tersebut pada 2001-2004 dianggap sebagai zaman kegelapan inovasi dan peningkatan untuk browser dan web.

Sejarah Mozila Firefox

Firefox merupakan keturunan dari Mosaic dan Netscape. Pada tahun 1998, Netscape membuat proyek Mozilla dan membuat kode browser yang tersedia secara bebas. Ini merupakan salah satu strategi eksperimental untuk mendapatkan keunggulan kompetitif terhadap Microsoft. Sejarah web browser mosaic yang dulu telah ditinggalkan para penggunanya mulai berbalik. Mosaic dan Netscape mulai bangkit dari keterpurukannya. Melalui strategi proyek open source pada mozila. Ini memungkinkan programmer di seluruh dunia untuk mempelajari kode Mozilla dan mengikuti perkembangannya. Seiring berjalannya waktu, komunitas pengembang ini terus berkontribusi pada pengembangannya. Netscape dan AOL (yang telah mengakuisisi Netscape) terlibat dengan Mozilla dan merilis beberapa produk Netscape dan AOL dari kode Mozilla yang berkembang. Namun, para peminat browser di AOL dari waktu ke waktu mulai berkurang. Pada awal tahun 2003, AOL memutuskan untuk mengurangi keterlibatannya dan membuat proyek bebas untuk memetakan jalurnya sendiri.

Pada tahun 2003, Mozilla Foundation diciptakan sebagai organisasi independen. Tujuannya untuk mengikat komunitas Mozilla yang sedang tumbuh untuk memanfaatkan investasi Netscape di masa lalu dalam kode browser. Komunitas yang penuh gairah ini berfokus pada pembuatan browser generasi berikutnya yang bernama Firefox. Sasaran untuk Firefox sebenarnya sangat sederhana. Dibuat sebagai peramban browser yang ringan dan cepat serta mudah digunakan. Ini akan membuat pengguna kembali mengendalikan pengalaman berselancarnya di web. Itu juga akan menambahkan sistem ekstensi yang akan memberi pengguna kekuatan untuk menyesuaikan, bereksperimen, dan menyetel peramban dengan ribuan cara.

READ
Cara Ganti Password Gmail di Komputer Web Browser

Mozila Firefox V.1.0

Pada 2004, Firefox 1.0 dirilis. Sejak itu jumlah pengguna terus bertambah. Pada 2009, Firefox memiliki sekitar 23% pangsa pasar di seluruh dunia, dengan lebih dari 300 juta dari 1,2 miliar pengguna Internet di seluruh dunia menggunakan Firefox sebagai peramban web mereka. Firefox 3 dirilis dalam acara yang dikenal sebagai Hari Unduhan. Lebih dari 8 juta pengguna mengunduh versi baru dalam satu hari.

Firefox terus melakukan berbagai inovasi terbaru. Melaui berbagai fitur yang banyak membantu pengguna. Fitur firefox seperti fitur berlangganan tajuk berita, tab beranda, pemblokiran pop-up, dan perluasan jumlah ekstensi yang memungkinkan untuk disesuaikan di browser. Firefox dapat membantu mengendalikan pengguna ketika berinteraksi dengan web. Firefox telah memicu minat baru dalam meningkatkan peramban web. Menanggapi Firefox, Microsoft mengubah rencananya, memulai kembali pengembangan browsernya dan merilis IE7 dan baru-baru ini IE8. Apple dan Google juga terlibat dalam upaya membangun browser web baru (Safari dan Chrome). Firefox berjalan pada sistem operasi apa pun dan dilokalkan dalam lebih dari 75 bahasa yang berbeda. Itu dibangun oleh komunitas pengembang di seluruh dunia yang bersemangat meningkatkan browser dan web.

Demikian artikel tentang Sejarah Web Browser yang bisa penulis sampaikan. Semoga bisa memberi pengetahuan pembaca tentang bagaimana sejarahawal mula web browser digunakan. Karena dengan mengetahui sejarahnya, maka kita akan dengan mudah mengetahui manfaat dari keberadaan web browser. Jangan lupa like and share pada kolom yang disediakan penulis dibawah. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan pada kolom komentar, Terimakasih.

Leave a Reply