Pengertian Hardisk Komputer dan Penyebab Kerusakannya

Pengertian Hardisk Komputer dan Penyebab Kerusakannya

Posted on

Pengertian hardisk komputer secara simpel ialah untuk menyimpan data. Hardisk merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah komputer seperti halnya ram, cpu, cd room, floppy disk dan hardware lain. Tanpa adanya hardisk kita akan kesusahan dalam menyimpan data.  Bahkan tools pendukung live windows yang di dunakan usb tidak akan bisa mengoperasikan komputer tanpa adanya hardisk. Karena pada umumnya untuk menjalankan sebuah komputer kita memerlukan software windows yang nantinya akan tersimpan dalam hardisk.

Data windows tersebut biasanya digunakan sebagai penyimapanan data primer yang menjadi software utama dalam menjalankan sebuah komputer. Jadi hardisk merupakan satu dari sekian komponen primer yang harus dimiliki perangkat komputer. Jenis hardisk sendiri bisa dibedakan menjadi hardisk internal dan hardisk hardisk eksternal/portabele. Fungsi dari kedua jenis hardisk ini juga berbeda-beda meskipun memiliki kesamaan utama yaitu untuk menyimpan data. Begitu juga dengan fungsi flashdisk, meskipun sama-sama untuk menyimpan data tapi pengertian flashdisk maupun fungsinya juga berbeda dengan hardisk. 

Baca Juga:  Pengertian Scanner dan Jenis-Jenis Scanner

Pengertian Hardisk

Definisi hardisk adalah perangkat hardware komputer yang didalamnya terdapat kepingan cakram yang memiliki sifat magnetis sebagai tempat penyimpanan data sekunder. Arti dari hardisk ini diambil berdasarkan bentuk dan fungsinya. Kenapa dikatakan sebagai penyimpan data sekunder bukan penyimpan data primer. Karena untuk penyimpanan data primer dalam sebuah komputer di kerjakan oleh ram atau lebih dikenal dengan nama memory computer. Meskipun sebagai penyimpan data sekunder, hardisk mempunyai peranan primer dalam sebuah komputer.

Hampir semua data yang keluar masuk ketika kita mengoperasikan sebuah komputer akan disimpan kedalam hardisk. Bahkan hampir kebanyakan hardisk memiliki penyimpanan sangat besar, apalagi hardisk keluaran terbaru pada masa sekarang. Rata-rata hardisk yang dipakai pada komputer pada saat ini mereka minimlal memiliki data penyimpanan sampai 80GB. Sedangkan untuk komputer keluaran terbaru rata-rata memiliki data penyimpanan hardisk dari mulai 300GB sampai 500GB. Bahkan sekarang sudah banyak yang menggunakan hardisk dengan kapasitas penyimpanan 1TB keatas.

Baca Juga:  Cara Melihat Spek Komputer atau Laptop Secara Mudah

Kapasitas Hardisk Komputer

Hardisk mulai dikenalkan secara umum pada tahun 1956 oleh tim IBM yang memiliki ukuran penyimpanan 4.4MB dengan kecepatan perputaran 1.200rpm. Sangat kecil bukan kawan, mungkin untuk ukuran segitu pada masa sekarang buat nyimpen apaan. Orang nyimpen satu lagu mp3 juga pasti penuh bahkan bisa jadi kurang. Memang kalau di bandingkan dengan masa sekarang untuk ukuran kapasitas hardisk sangat jauh sekali. Perbedaanya bisa dibilang seperti bumi dan langit. Hard disk yang pada awal hanya memiliki kapasitas penyimpanan 4.4MB. Sekarang telah berubah jauh lebih besar kapasitasnya. Bahkan perusahaan hardisk seagete telah merilis hardisk ssd kapasitas 60TB pad 2017.

Kebutuhan hardisk yang besar memang telah mendorong berbagai perusahaan raksasa hardware dalam memodifikasi hardisk. Perusahaan seperti IBM, samsung, seagete dan beberapa perusahaan lain terus berusaha mengembangkan hardisk agar lebih baik dan simpel. Pengembangan tersebut juga didorong oleh minat para produsen yang semakin tinggi terhadap hardisk yang memiliki kapasitas yang besar. Terutama untuk para pebisnis yang memiliki perusahaan yang berkaitan dengan simpan-menyimpan data. Jangan para pebisnis, produsen rumahan seperti anda juga pastinya memerlukan hardisk berkapasitas besasr, apalagi jika anda seorang kolektor film. Saya rasa kapasitas hardisk anda akan habis oleh koleksi film-film kesukaan anda.

Pembagian Format Hardisk

Untuk dapat menggunakan sebuah hardisk kita harus memformatnya terlebih dahulu agar hardisk tersebut bisa terbaca oleh komputer. Setelah kita selesai memformatnya maka hardisk tersebut telah siap digunakan untuk menyimpan data-data anda. Biasanya dalam hal pemformatan, saya yakin anda akan membagi volume hardisk berdasarkan keperluan. Minimal volume tersebut di bagi menjadi dua ruang hardisk berbeda. Dimana yang satu untuk penyimpanan data-data instalasi windows dan ruang lainnya untuk penyimpanan data lain.

Dalam hal pemformatan tidak ada aturan baku untuk memformat hardisk dan membaginya berdasarkan keperluan saja. Bisa saja dalam satu hardisk terbagi menjadi 3-6 ruang penyimpanan atau lebih atau bahkan juga kurang. Seperti yang sudah saya bilang, sesuaikan saja berdasarkan kebutuhan anda. Misalkan jika anda ingin membedakan antara penyimpanan data pribadi dengan film kesayangan. Anda harus membagi hardisk tersebut minimal menjadi 3 ruang berbeda. Sehingga anda akan lebih mudah mengelola file-file berdasarkan kategori yang anda buat

Penyebab Kerusakan Hardisk

Sebagai salah satu tempat untuk menyimpan data di komputer. Harddisk menjadi alternatif terbaik untuk menyimpan semua data anda baik itu data pribadi maupun umum. Semua data yang sudah pernah disimpan dalam hardisk tidak akan hilang kecuali anda menghapus dengan sengaja atau memformat hardisk tersebut. Sebagaimana fungsi hardisk dalam menyimpan data-data yang pernah tersimpan dalam piringan hardisk tidak akan hilang. Meskipun sudah dihapus dan diformat secara permanen.

Penghapusan data di hardisk sebenarnya tidak terghapus, data-data tersebut tidak hilang melainkan tersimpan dalam sebuah cache tersembunyi. Sehingga jika kita menghapus file data tanpa sengaja kita lakukan. Kita sebenarnya bisa mengembalikan file yang telah terhapus tersebut. Makanya jangan heran jika diluar sana sudah banyak jasa pemgembalian data yang telah terhapus atau hilang dalam hardisk. Untuk mengembalikan data yang telah terhapus atau hilang sebenarnya bisa anda lakukan sendiri dengan bantuan tools tertentu. Mungkin lain waktu akan saya share cara mengembalikan data yang terhapus ataupun hilang dalam sebuah hardisk. Kembali lagi kepada penyimpanan hardisk apakah aman? sangat aman kawan asal anda memperhatikan hal-hal berikut:

  • Jangan sering memformat hardisk atau sering melakukan instal ulang windows atau linux.
  • Hindari mematikan pc maupun Laptop secara paksa.
  • Penggunaan PC atau laptop secara berlebihan sehingga menyebabkan hardisk overheat.
  • Hindari hardisk dari benturan apalagi sampai terjatuh.
  • Jangan membeli hardisk yang sudah termakan usia.
  • Perhatikan aliran arus listrik yang tidak stabil, sebaiknya gunakan stabilizer.

Demikianlah sharing tentang Ppengertian Hardisk komputer dan penyebab kerusakannya. Semoga apa yang saya sampaikan bisa memberikan pemahaman baru tentang arti hardisk. Sehingga bisa memaksimalkan hardisk dan file data anda yang tersimpan didalam hardisk akan aman selamanya. Jika ada beberapa uraian yang saya sampaikan kurang dipahami ataupun ada yang perlu dikoreksi. Silahkan anda sampaikan pada kolom komentar di bawah, terimakasih.

  • Pengertian Hardisk Komputer
Gravatar Image
Bermimpilah sebelum anda dibangunkan, karena tidak ada yang tidak bisa dicapai kecuali dengan rasa malas dan ketakutan yang menjelma menjadi malaikat pencabut takdir kesuksesan seorang anak manusia, kawan..........

2 thoughts on “Pengertian Hardisk Komputer dan Penyebab Kerusakannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *