Proses boot merupakan proses pembacaan awal sebuah komputer. Dimana proses boot berfungsi untuk memeriksa komponen hardware maupun software. System kerja proses boot ini sangat simpel dan sederhana. Hal ini untuk memastikan bahwa semua komponen komputer dalam keadaan OK. Tetapi jika ada salah satu komponen yang mengalami error ataupun rusak. Maka proses boot akan menghentikan komputer. Semua kesalahan proses boot komputer akan disimpan dalam sebuah log sebagai laporan ada keselahan pada komputer.

Proses Boot Komputer

Istilah boot berasal dari kata bootstrap yang menjelaskan metode yang digunakan PC selama beroperasi. PC memuat sistem operasi besar dengan terlebih dahulu sebelum memuat program kecil. Selanjutnya akan menarik sistem operasi ke dalam memori. Peristiwa ini dimulai dengan penerapan daya dan akhirnya menghasilkan sistem komputer yang berfungsi. Perangkat Lunak akan berjalan sesuai dengan intruksi yang diberikan oleh system boot. Setiap proses dipicu oleh proses sebelum dan memulai proses setelahnya.

Menelusuri proses boot sistem mungkin akan membantu menemukan masalah yang terjadi pada komputer. Jika ada kesalahan proses boot komputer, maka system akan menampilkan pesan kesalahan tersebut untuk segera diperbaiki. Jika anda melihat pesan kesalahan yang hanya ditampilkan oleh program tertentu. Dapat dipastikan program tersebut setidaknya dimuat dan berjalan hanya sebagian atau tidak maksimal.

Sistem Kerja Proses Boot Komputer

Informasi mengenai yang ditampilkan akan menganalisa kesalahan  pada urutan proses boot. Setidaknya ketika anda mengetahui kesalahan proses boot. Anda akan lebih mudah menganilisa kesalahan booting yang terjadi pada komputer. Anda biasanya harus melihat file atau area disk mana saja yang diakses selama kegagalan dalam proses boot. Pesan kesalahan ditampilkan selama proses boot dan yang ditampilkan selama operasi sistem normal mungkin sulit diuraikan. Namun, langkah pertama dalam memecahkan kode pesan kesalahan adalah mengetahui dari mana pesan itu berasal. Program-program berikut ini mampu menampilkan pesan kesalahan selama proses boot.

OS Independent

  1. Motherboard ROM BIOS
  2. Adapter card ROM BIOS extensions
  3. Master (partition) boot record (MBR)
  4. Volume boot record (VBR)

OS Dependent

  1. System files
  2. Device drivers
  3. Programs run at startup

Urutan Prose Boot Komputer

Bagian pertama dari urutan startup adalah sistem operasi Independent. Langkah ini merupakan langkah ini sama untuk semua PC tidak peduli sistem operasi yang diinstal. Bagian terakhir dari urutan boot sistem disebut sebagai operasi Dependent. System dependent ini akan mengatur berbagai system yang di instal. Booting akan memeriksa urutan startup sistem operasi-Independent dan proses startup sistem operasi Depentent untuk berbagai sistem operasi. Bagian-bagian ini menyediakan informasi terperinci dari banyak pesan kesalahan yang sering terjadi selama proses boot.

Semoga pembahasan mengenai Proses Boot yang telah disampaikan bisa memberi manfaat bagi pembaca. Karena bagaimanapun, booting merupakan salah satu komponen penting bagi komputer sebelum menyala. Bisa anda bayangkan bagaimana, jika proses boot ini tidak ada. Kemungkinan kompoenen komputer kita akan cepat mengalami kerusakan. Dengan adanya proses boot ini bisa meminimalisir kerusakan hardware maupun softwre melalui informasi yang dilaoprkan oleh system boot, Terimakasih.