Ada banyak sekali cara menampilkan file hidden di windows. Baik menggunakan tools, kode bat maupun dengan menggunakan fasiltas yang telah disediakan oleh windows. Dari beberapa cara tersebut, cara yang paling mudah dan sederhana ialah menggunakan file fasilatas windows folder options. Kenapa saya katakan metode ini sangat mudah dan simpel. Karena kita tidak perlu mendownload tool pihak ketiga maupun cape-cape coding. Fasilitas folder options yang disediakan oleh windows juga sangat ampuh dan handal untuk menyembunyikan file yang kita anggap penting.

Cara Menampilkan File Hidden di Windows

Ada banyak alasan dari kita kenapa kita ingin menyembunyikan file di windows. Salah satunya ialah untuk menghindari orang lain membaca ataupun mengambil tanpa permisi file milik kita. Karena tidak sedikit kejadian, dimana file kita diakses dan di baca tanpa permisi. Padahal file itu bersifat pribadi seperti projek maupun file-file penting lain. Dengan menyembunyikan file penting milik kita, secara tidak langsung kita telah mengamankan file tersebut. Sehingga terhindar dari tangan-tangan jahil yang mau merubah maupun menghapusnya baik sengaja maupun tidak sengaja.

Menyembunyikan File

Ternyata metode penyembunyian file bukan hanya dilakukan oleh individu maupun personal yang sering penulis temui. Diluar sana, ada banyak perusahaan-perusahan besar maupun kecil menyembunyikan file yang dianggap penting dan rahasia. Tujuan dari penyembuanyian file yang dilakukan oleh beberapa perusahaan ini, ternyata tujuannya

juga tidak jauh berbeda agar file aman dari karyawan-karyawan lain. Cara yang digunakan oleh perusahaan juga masih banyak yang memanfaatkan tools bawaan windows yaitu melalui folder option. Namun karena terlalu banyak file maupun folder yang ada dalam system windows yang kita miliki. Tidak sedikit kita lupa meletakan file atau folder yang telah kita hidden.

Kasus dimana kita lupa menyembunyikan file atau folder sering terjadi. Penulis juga sering mengalami kasus tersebut. Penulis lupa dimana tepatnya file yang telah penulis sembunyikan. penulis hanya mengingat bahwa file tersebut di simpan pada file drive tertentu. Bagi mereka yang memiliki file atau folder yang sedikit mungkin tidak terlalu pusing. Namun jika anda sendiri memiliki banyak file yang tersimpan di komputer anda. Maka hal tersebut akan memakan banyak waktu yang lama. Bahkan bisa menjadikan anda stress ketika file tersebut tidak ketemu-ketemu. Untuk mengindari hal-hal tersebut, ada cara simpel yang bisa pembaca coba untuk menemukan file hidden di windows.

Tools Folder Options

Jika pembaca menggunakan OS Windows sebagai sistem operasinya. Hal ini sangat mudah sekali. Karena kali ini penulis akan memberikan cara menampilkan file hidden di windows. Kita semua tahu betapa ramahnya OS ini dan karena itu, anda tidak akan mengalami kesulitan melakukan hal ini bahkan jika Anda bukan seorang ahli komputer.

Jadi, berikut adalah salah satu cara termudah bagaimana anda dapat menemukan file tersembunyi dan bahkan folder yang pernah anda sembunyikan di komputer. Anda dapat menampilkan file yang telah anda hidden di komputer di lokasi yang di curigai file tersebut tersimpan.

Cara Membuka File yang di Hidden Windows

Untuk menampilkan file, silahkan buka windows explorer pilih Opsi menu tools dan klik paling bawah folder options. Pada menu folder options coba perhatikan pada sebelah menu general ada menu view silahkan anda klik. Jika sudah akan muncul banyak sekali pilihan yang berkaitan dengan berbagai macam folder maupun file. Pada pilihan menu view, sekarang anda cari tulisan show hidden, files, folders, and drivers. Jika sudah ketemu, silahkan anda klik sehingga menjadi posisi seperti cek lis atau centang. Jika sudah dilakukan, tahap selanjuknya langsung saja klik OK.

Step-bay step yang baru saja anda lakukan akan merubah semua pengaturan file maupun folder sebelumnya. Sekarang coba anda pergi ke tempat dimana file yang anda curigai pernah anda hidden. Jika tidak ada maka coba cari tempat yang lain dan ingat-ingat dulu. Anda tidak perlu repot-repot menseting file atau folder satu-satu untuk anda setting agar tampil atau muncul. Karena anda sudah menseting pengaturan semua file maupun folder yang ter-hidden akan terlihat semua.

Sekarang anda tidak perlu lagi pusing untuk mencari file atau folder yang terhidden. Untuk menghindari kelupaan dimana menaruh file yang terhidden, ada seikit tips dari penulis. Anda bisa membuat caatan dimana file tersebut di simpan dengan menggunakan word, notepad, maupun excel. Jika sudah anda ketik silahkan anda save dan

simpen di tempat yang aman catatan tersebut. Sehingga ketika kapan-kapan di perlukan tinggal anda buka dan lihat. Sekian dulu yang bisa penulis sampaikan tentang Cara Menampilkan File Hidden di Windows. Semoga apa yang telah penulis paparkan bisa bermanfaat bagi pembaca semuanya. Jika ada hal-hal yang masih mengganjal dan kurang dipahami, silahkan tinggalkan di kolom komentar yang telah di sediahkan dibawah, Terimakasih.