cara mempercepat kinerja komputer
cara mempercepat kinerja komputer

Cara Mempercepat Kinerja Komputer Yang Lemot

Posted on

Cara mempercepat kinerja komputer yang lemot sebenarnya tidak terlalu sulit. Komputer yang lemot tidak sedikit akan membuat anda mengalali frustasi dan tidak nyaman ketika menggunakannya. Ada banyak cara mempercepat kinerja komputer yang bisa anda lakukan. Sehingga anda akan merasa nyaman ketika menggunakan melakukan aktifitas dengan komputer kesayangan anda. Ada berbagai trik dan tips yang bertebaran di dunia internet. Tapi anda harus hati-hati, jangan sampai tips dan trik yang anda ikuti merupakan salah satu metode overclock komputer. Memang cara mempercepat kinerja komputer dengan metode overclock sangat ampuh.

Baca Juga:  Cara Ganti Password Gmail di Komputer Web Browser

Jika memang anda menggunakan metode overclocking, sebaiknya anda hati-hati cara mensetingnya. Apalagi jika anda awam dengan dunia komputer. Overclocking berlebihan bisa menyebabkan komputer kesayangan anda mati. Sebenarnya ada beberapa cara aman mempercepat kinerja komputer PC maupun laptop sehingga saat bermain game komputer anda tidak lemot. Cara yang akan saya paparkan di bawah sebenarnya bisa di gunakan untuk berbagai jenis laptop maupun versi windows. Seperti cara mempercepat windows 7 ultimate 32 bit, windows 8 maupun windows 10.

Cara Mempercepat Kinerja Komputer

Komputer yang lemot tentunya akan membuat anda jengkel dan tidak nyaman. Apalagi jika kinerja laptop saat bermain game tiba-tiba ngadat dan hang. Pastinya anda kesal dan marah buka. Begitu juga ketika anda sedang mengerjakan tugas di PC dan tiba-tiba PC hang pasti perasaan anda juga kesal. Memang ada banyak cara mempercepat kinerja komputer dari mulai menggunakan menambah ram sampai merubah system. Beberapa metode yang di gunakan melalui cmd, regedit, hingga menggunakan software. Namun menurut saya penggunaan metode tersebut agak sedikit ribet. Padahal ada cara yang aman dan tanpa banyak metode yang akhirnya membuat anda pusing sendiri. Cara ini juga sekaligus bukan hanya membuat kecepatan komputer bertambah, tetapi juga bisa membuat PC maupun laptop anda juga awet. Langsung saja anda ikuti beberapa cara meningkatkan kinerja komputer di bawah ini:

Baca Juga:  Cara Mematikan Update Windows 10 Secara Permanen

Bersihkan Ruang Disk Secara Berkala

Dalam beberapa kasus tidak sedikit ruang disk penuh menyebabkan komputer anda berjalan lemot. Tanpa anda sadari raungan disk komputer ternyata memiliki sisa ruang kosong yang sedikit. Apakah karena terlalu banyak program yang anda instal atupun karena adanya folder-folder sampai yang memenuhi ruangan disk anda hingga penuh. Jika hal itu terjadi, sebaiknya anda periksa hardisk anda dan lihat mana program yang tidak terpakai. Sebaiknya anda buang atau unistal yang tidak dipakai sehingga tidak mengganggu kinerja komputer. Metode ini merupakan salah satu cara mempercepat kinerja komputer yang kadang dianggap sepele oleh kebanyakan user. Karena bagi mereka yang melakukan aktifitas tinggi jarang memeriksa kondisi ruang hardisk.

Unistal Program yang Tidak Terpakai

Uninstall perangkat lunak yang tidak perlu atau tidak terpakai. Banyak komputer dengan program-program yang anda mungkin tidak menggunakan tetapi program tersebut masih terpasang pada komputer anda. Sebaiknya anda pilah sehingga tidak terjadi kesalahan ketika anda mengunistal programnya.

Bersihkan File Sampah

Ada juga beberapa tool yang dapat membantu anda membebaskan ruang bahkan lebih. Pada komputer Windows, anda dapat menggunakan Disk Cleanup untuk menyingkirkan file sementara dan tidak perlu. Jika anda memiliki Mac dengan mac OS Sierra anda dapat menggunakan kotak dialog About This Mac untuk membebaskan ruang hardisk.

Defrag Hard Drive

Defragmenting hard drive anda secara teratur dapat membantu mempercepat kinerja komputer. Kenapa harus di lakukan defragmen secara rutin. Karena seiring lamanya penggunaan komputer ada beberapa file yang akhirnya tertumpuk dan acak. Sehingga membuat kerja komputer tidak teratur karena membaca file secara acak. Semakin anda sering mendefrag hardisk, maka bukan hanya akan menambah kecepatan kinerja komputer. Tetapi akan membuat hardisk anda terawat dan awet tidak mudah bad sector. Cara mempercepat kinerja komputer dengan metode defrag ini sangat efektif.

Baca Juga:  9 Keunggulan Windows 10 di Laptop dan PC

Menambahkan RAM

Alasan lain komputer berjalan lambat karena ia tidak memiliki RAM (memori akses acak) yang kecil. RAM adalah salah satu alat untuk meningkatkan kinerja kecepatan komputer. Karena ram memungkinkan komputer untuk mengakses berbagai program yang terbuka pada waktu yang sama. Jika komputer anda tidak memiliki RAM yang besar, maka dapat di pastikan komputer akan lemot kinerjanya. Semakin besar RAM yang terdapat pada sebuah komputer, maka semakin baik kecepatan yang di hasilkan oleh komputer. Ram pada setiap jenis komputer bisa di tambah asalkan jenis ram sama. Memang cara mempercepat kinerja komputer dengan menambah RAM harus merogoh kocek lebih. Untuk melakukan ini, anda perlu untuk mengetahui apa jenis RAM komputer yang digunakan. Ganti ram yang kecil dengan ram yang berkapasitas besar sesuai dengan spek komputer dan kebutuhan anda.

Update Driver Secara Berkala

Setiap perangkat yang terhubung ke komputer memerlukan sesuatu yang disebut driver agar terbaca oleh komputer. Apakah itu keyboard, printer, atau mouse dan berbagai driver lainnya. Driver pada dasarnya adalah program yang memberitahu komputer bagaimana caranya menggunakan perangkat hardware yang menempel pada komputer. Sehingga untuk menjaga kestabilan sebuah kinerja, di perlukan pembaharuan setiap driver. Tujuan dari pembaharuan ini agar di dapatkan kinerja yang baik dan menghindari bug-bug yang ada pada driver lama.

Jika komputer yang anda miliki menggunakan sistem OS windows, maka dapat di pastikan driver komputer akan melakukan update secara otomatis. Pastinya ketika update, komputer terhubung dengan jaringan internet. Namun jika komputer tidak tersambung dengan jaringan internet, anda bisa melakukan update driver secara offline. Tinggal anda cari driver yang menurut anda perlu di update selanjutnya instal di komputer secara offline. Disarankan untuk kecepatan internet stabil ketika update berlangsung.

Non-Aktifkan Startup Tidak Penting

Jika komputer saat awal boot memerlukan waktu yang lama. Bisa di pastikan ada banyak program yang boot otomatis ketika startup. Coba anda cek dan lihat program apa saja yang otomatis ketika windows baru mulai berjalan atau startup. Hapus atau disable program-progran di startup yang menurut anda tidak di perlukan dengan menggunakan software CCleaner atau program lain. Terlalu banyak program yang ada pada startup akan membuat kinerja komputer anda menjadi lemot.

Baca Juga:  Cara Menyimpan Foto Dari IG

Pasang Anti-Virus Dan Anti-Spyware

Malware atau virus merupakan salah satu yang bisa menyebabkan komputer menjadi lemot. Bahkan jika tidak segera dihapus akan menyebabkan data hilang. Jika anda sering melakukan aktivitas jaringan internet, maka berhati-hati jangan sampai komputer terkena virus. Ada banyak cara malware atau virus bisa masuk ke komputer pribadi anda. Virus bisa masuk ke komputer lewat jaringan internet atau usb. Bagi mereka yang komputer pribadinya tidak terhubung jaringan internet, pasti akan merasa bingung ketika komputernya terserang virus. Salah satu penyebaran virus dan spyware banyak di lakukan melalui usb sebagai salah satu alat penyimpan data modern. Anda mungkin sering meminjam usb temen untuk memindahkan data ke komputer pribadi anda, padahal komputer temen anda terkena virus. Atau anda juga kadang memakai usb anda ke sembarang komputer baik punya temen maupun rental yang mana komputernya terkena virus. Tanpa anda sadari usb yang punya sebenarnya telah membawa virus berbahaya.

Untuk mengantisipasi kejadian tersebut. Sebaiknya komputer anda di pasang program anti virus. Ada banyak anti virus yang beredar di luar sana yang bisa anda dapatkan baik secara gratis maupun yang berbayar. Anda tinggal pilih mana yang menurut anda baik untuk menjaga komputer anda terbebas dari virus. Anti virus yang gratis sebanrnya cukup untuk melindungi komputer dari serangan virus jahat asalkan sering update. Lakukan scan virus di komputer secara rutin dalam setiap bulan minimal sekali untuk menjaga agar terbebas dari virus. Scan dengan anti virus setiap usb yang anda colokan ke komputer pribadi. Tunggu hingga scanning anti virus selesai. Setelah selesai selanjutnya usb bisa anda gunakan untuk memasukan data maupun memindahkan data.

Demikian sharing kali ini tentang Cara Mempercepat Kinerja Komputer Yang Lemot. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi anda para pembaca. Menggunakan komputer dengan akses yang yang cepat memang menjadi dambaan setiap orang yang memiliki komputer. Namun jangan sampai karena kita menginginkan komputer yang berkinerja cepat menggunakan cara-cara yang kurang baik. Seperti halnya overclocking yang dapat menyebabkan umur komputer menjadi pendek. Jangan lupa untuk share artikel ini pada icon di bawah, Terimakasih.

  • Cara Mempercepat Kinerja Komputer
Gravatar Image
Bermimpilah sebelum anda dibangunkan, karena tidak ada yang tidak bisa dicapai kecuali dengan rasa malas dan ketakutan yang menjelma menjadi malaikat pencabut takdir kesuksesan seorang anak manusia, kawan..........

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *